Alat Dokter Gigi dan Fungsinya, Calon Dokter Harus Tahu!

Pernahkah Anda merasa penasaran sebenarnya apa saja sih alat khusus yang digunakan dokter gigi? Banyak alat yang digunakan dokter gigi untuk memeriksa dan memberikan penanganan pada pasiennya. Untuk mengobati rasa penasaran Anda, berikut akan dibahas mengenai alat dokter gigi dan fungsinya.

Alat Dokter Gigi dan Kegunaannya

Ada banyak alat kesehatan yang diperlukan oleh dokter gigi untuk memeriksa dan melakukan penanganan terhadap pasiennya. Selain keterampilan, ketersediaan alat juga menjadi faktor penentu yang utama. Alat dokter gigi dibagi menjadi beberapa bagian tergantung fungsi penggunaannya. Ada alat untuk oral diagnostik, alat untuk foto rontgen gigi, dan alat khusus.

gambar alat dokter gigi dan fungsinya

  1. Oral diagnostik

Alat kesehatan yang digunakan untuk oral diagnostik yang pertama adalah kaca mulut. Cermin berbentuk bulat kecil ini dirancang khusus untuk dapat melihat apa yang terjadi di dalam gigi dan mulut seperti membantu dokter dalam melihat permukaan dalam mulut yang tidak dapat dilihat dengan mata, mengetahui adanya kerusakan atau kotoran pada gigi, serta ada tidaknya kelainan pada gigi pasien.

Alat yang ke dua adalah dental pinset. Fungsinya untuk menaruh kapas dan sejenisnya pada gigi atau gusi. Yang ketiga adalah sonde probe. Alat ini berfungsi untuk mengetahui apakah ada caries pada gigi serta digunakan untuk mengukur dalamnya. Yang terakhir adalah excavator. Alat ini memiliki kegunaan untuk mengambil caries gigi yang lunak serta kotoran dan sisa makanan pada gigi. Semua lat tersebut dibuat dari bahan stainless steel yang higienis dan anti karat.

  1. Foto rontgen gigi

Alat kesehatan yang digunakan dalam foto rontgen gigi diantaranya adalah vitalizer yang berfungsi sebagai vitalitas pulpa yang digerakan dengan aliran listrik. Yang kedua adalah water syringe yang digunakan untuk membersihkan caries pada gigi saat preparasi pemeriksaan gigi.

  1. Alat pendukung khusus

Alat kesehatan pendukung khusus dalam kedokteran gii diantaranya adalah periodontal probe yang digunakan untuk mengukur kedalaman saku gusi, serta kemudian scaler dan cavitron yang digunakan untuk membersihkan karang gigi.

Berbagai alat dokter gigi dan fungsinya telah dibahas dalam artikel di atas. Semoga dapat menambah pengetahuan Anda terhadap berbagai alat kedokteran gigi sehingga Anda dapat memahami tindakan yang sedang dilakukan oleh dokter gigi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s